Bad Design UI Vs Good Design UI

Sabtu, 18 Februari 2017

User Interface
User interface adalah cara program dan user berkomunikasi. Istilah user interface atau interface kadang-kadang digunakan sebagai penggati istilah HCI (Human Computer Interaction). HCI (Human Computer Interface) adalah semua aspek dari interaksi pengguna dan computer, tidak hanya hardware. Semuanya yang terlhat dilayar, membaca dalam dokumentasi dan dimanipulasi dengan keyboard (atau mouse) merupaka bagian dari user interface.
User Interface berfungsi untuk menghubungkan atau penterjemah informasi antara pengguna dengan system operasi, sehingga computer dapat digunakan. Dengan demikian, user interface bisa juga diartikan sebagai mekanisme inter-relasi atau integrasi total dari perangkat keras dan lunak yang membentuk pengalaman bekomputer. Use interface dari sisi software bias berbentuk Graphical User Interface (GUI) atau Command Line Interfae (CLI), sedangkan dari sisi hardware bias berbentuk Aplle Desktop Bus (ADB), USB, dan fire wire.

1.       Laptop Bad Design



a.       User Interface
Laptop dengan warna hitam seperti ini memilik antar muka yang sederhana. Design yang tidak berlebihan atau sederhana membuat pengguna merasa nyaman saat menggunakan laptop. Tetapi jika diperhatikan ada yang sedikit mengganjal dari laptop diatas yaitu adanya trackpoint yang posisinya berada di tengah-tengah keyboard. Untuk apa fungsinya? Sedangkan dengan adanya trackpad saja sudah memenuhi kebutuhan saat laptop sedang dioprasikan.

b.      Usability Goals
-          Effective to use
Adanya track point ditengah-tengah keyboard seperti ini kurang efektif digunakan karena fungsi trackpoint sama dengan fungsi trackpad.
-          Efficient to use
Design laptop yang memiliki komponen ganda padahal fungsinya sama belum dapat dinilai memenuhi kriteria efisien.
-          Safe to use
Peletakan trackpoint ditengah-tengah keyboard juga dirasa kurang aman dikarenakan dapat menghalangi pengguna saat mengetik.
-          Have good utility
Trackpoint dan trackpad memiliki fungsi yang baik, hanya saja jika salah satu komponen dihilangkan akan dirasa lebih baik, Karena fungsinya sama.
-          Easy to learn
Tata letak trackpoint justru mudah untuk diingat, karena berbeda dengan laptop pada umumnya.
-          Easy to remember how to use
Membuat pengguna sedikit terhalangi saat mengetik karena posisi trackpad berada di tengah-tengah keyboard. Sehingga pengguna harus lebih berhati-hati saat mengetik.
c.       User Experience Goals
-          Satisfying
Design laptop yang sederhana, membuat mata nyaman saat sedang mengoperasikan laptop, hanya saja rasanya sedikit mengganjal karena ada trackpoint ditengah keyboard.
-          Run
Pengelolaan tata letak keyboard dirasa kurang tepat.
-          Enjoyable
Design laptop seperti ini membuat penggunanya kurang merasa senang saat sedang mengetik.
-          Entertaining
Pengguna kurang merasa terhibur dengan adanya komponen yang berbeda tapi berfungsi sama.
-          Helpful
Trackpoint digunakan untuk membantu pengguna dalam melakukan pengoperasian laptop, tetapi pada kenyataannya jarang digunakan karena orang-orang lebih memilih menggunakan trackpad.


2.       Laptop  Good Design

a.       User Interface
Laptop dengan warna hitam silver ini memiliki kesan elegan. Design 2 warna tidak memberi kesan berlebihan. Bentuk laptop yang tipis juga memudahkan pengguna dalam membawa laptop ke kampus, kantor, dll.

b.      Usability Goals
-          Effective to use
Design laptop yang seperti ini dirasa sudah efektif digunakan karena tidak ada dua komponen yang memiliki fungsi yang sama.
-          Efficient to use
Design laptop seperti ini sudah dapat dinilai memenuhi kriteria efisien.
-          Safe to use
Keyboard dengan tidak adanya trackpoint ditengah-tengahnya dirasa sudah aman karena tidak menghalangi pengguna saat mengetik.
-          Have good utility
Laptop dapat dikatakan handal karena komponen yang satu dengan yang lain satu sama lain dapat saling membantu saat laptop dioperasikan.
-          Easy to learn
Tata letak komponen satu dengan yang lain mudah untuk diingat, karena sama dengan laptop pada umumnya.
-          Easy to remember how to use
Membuat pengguna mudah dalam menggunakannya.
c.       User Experience Goals
-          Satisfying
Design laptop yang sederhana, membuat mata nyaman saat sedang mengoperasikan laptop.
-          Run
Pengelolaan tata letak komponen satu dengan yang lain dirasa sudah tepat.
-          Enjoyable
Design laptop seperti ini membuat penggunanya merasa senang saat sedang mengetik.
-          Entertaining
Pengguna merasa terhibur dengan tidak  adanya komponen yang berbeda tapi berfungsi sama.
-          Helpful
Trackpad digunakan untuk membantu pengguna dalam melakukan pengoperasian laptop.



3.       Handphone  - Bad Design


a.       User Interface
Handphone dengan warna emas, biru, dan abu ini memiliki antar muka yang terbilang unik, Karena memiliki keyboard melingkar membentuk sebuah lingkaran. Tetapi memiliki design yang unik bukan berarti menjamin pengguna handphone mudah mampu melakukan aktivitasnya dengan mudah, keyboard yang membentuk sebuah lingkaran justru menyulitkan penggunanya ketika sedang menulis pesan.

b.      Usability Goals
-          Effective to use
Handphone dengan keyboard seperti ini kurang efektif digunakan Karena sedikit menyulitkan pengguna saat menulis pesan.
-          Efficient to use
Pelajaran untuk kita semua bahwa ketika sedang mendesign bukan hanya sekedar membuat tampilan yang bagus, tetapi juga harus memikirkan kenyamanan penggunanya ketika menggunakan handphone dengan posisi keyboard yang seperti ini.
-          Safe to use
Keyboard pada handphone ini belum bisa disebut aman, karena design keyboard sendiri berbeda dengan keyboard pada umumnya jadi sedikit membuat jari-jari kebingungan.
-          Have good utility
Memiliki fungsi yang baik sama seperti keyboard pada umunya sebagai hardware media  penghantar dalam menulis pesan, hanya saja tata letak keyboard perlu dipikirkan ulang.
-          Easy to learn
Tata letak keyboard kurang mudah untuk diingat, mengingat bentuknya yang berbeda dengan keyboard pada umumnya.
-          Easy to remember how to use
Sedikit merasa kesulitan saat menggunakan posisi keyboard yang berbeda dengan keyboard pada umumnya, sehingga harus beradaptasi ulang.

c.       User Experience Goals
-          Satisfying
Design handphone yang unik, cukup memuaskan tapi kurang memikirkan kenyamanan pengguna.
-          Run
Pengelolaan tata letak keyboard dirasa kurang tepat.
-          Enjoyable
Design keyboard seperti ini membuat penggunanya kurang merasa senang saat menulis pesan.
-          Entertaining
Pengguna yang belum terbiasa kurang merasa terhibur dengan tata letak keyboard yang seperti ini.
-          Helpful
Keyboard digunakan untuk membantu pengguna dalam melakukan penulisan pesan, tetapi malah menyulitakn pengguna.


4.      Handphone Good Design

a.       User Interface
Hamdphone dengan warna hitam seperti ini memilik antar muka yang sederhana. Design yang tidak berlebihan atau sederhana membuat pengguna merasa nyaman saat menggunakan handphone. Keyboard yang digunakan pada handphone ini juga memiliki tata letak yang seperti pada umumnya sehingga pengguna tidak perlu beradaptasi ulang saat menggunakan handphone tersebut.

b.      Usability Goals
-          Effective to use
Handphone dengan keyboard seperti ini kurang efektif digunakan karena tidak menyulitkan pengguna saat menulis pesan.
-          Efficient to use
Design keyboard yang sederhana dengan tata letak seperti pada umumnya sudah dapat dinilai memenuhi kriteria efisien.
-          Safe to use
Keyboard pada handphone ini bisa disebut aman, karena design keyboard sendiri serupa dengan keyboard pada umumnya jadi tidak menyulitkan pengguna.
-          Have good utility
Memiliki fungsi yang baik sama seperti keyboard pada umunya sebagai hardware media  penghantar dalam menulis pesan.
-          Easy to learn
Tata letak keyboard mudah untuk diingat, mengingat bentuknya yang sama dengan keyboard pada umumnya.
-          Easy to remember how to use
Mudah saat menggunakan karena posisi keyboard yang sama dengan keyboard pada umumnya, sehingga tidak harus beradaptasi ulang.

c.       User Experience Goals
-          Satisfying
Design handphone yang sederhana, membuat mata nyaman saat sedang mengoperasikan handphone.
-          Run
Pengelolaan tata letak keyboard dirasa sudah tepat.
-          Enjoyable
Design keyboard seperti ini membuat penggunanya merasa senang saat menulis pesan.
-          Entertaining
Pengguna sudah merasa terhibur dengan tata letak keyboard yang seperti ini.
-          Helpful
Keyboard digunakan untuk membantu pengguna dalam melakukan penulisan pesan, dan tidak menyulitakn pengguna.


17 comments:

Unknown mengatakan...

Lengkap ya postingannya. Iya kalau soal trackpoint saya juga gak ngerti itu fungsinya apa. Lalu untuk pemilihan laptop saya setuju dengan laptop yang good design, tidak berlebihan, elegan dan ringan untuk dibawa

Unknown mengatakan...

Keren ��

Rizal mengatakan...

Nice info , lanjutkan berbagi ilmunya 👍👍👍

Unknown mengatakan...

Btw itu compare nya sama" se brand atau beda brand?,kalo per brand kan pasti pada pengen unggul dan terdepan balik lagi ke price klo good ui pasti good money juga xixi

Gambar illustration nya soalnya ada brand nya ga di censor hehe dan orng awam mah pasti first looknya dari brand nya dlu sih hehe tapi blm tentu menjamin overall bagus kan hehe

Cincay lah say,,

parzival mengatakan...

Keren artikelnya, sangat membantu kalo mau beli laptop 😁

Anggriawan Internet mengatakan...

Keren keren ternyata ngga semua yang terlihat bagus luarnya...bagus fungsinya juga... dont judge by a cover hehe thanks infonya...artikelnya membantu banget

Unknown mengatakan...

artikel yg bagian mengulas user interface laptopnya menarik. soalnya, kadang kala, saya sebagai pengguna suka gak merhatiin penggunaan laptop sendiri yg sebenernya kurang nyaman digunakan. makasih yun artikelnya �� on point banget! ditunggu artikel bermanfaat lainnya ya...

Unknown mengatakan...

Analisisnya bagus banget.. Tingkatkan kawan. Touchpad pada laptop di atas sangat tidak efektif

Unknown mengatakan...

Bagus artikelnya membantu

Indah Lianawati mengatakan...

keren artikel nya sangat membantu dan menambah wawasan

Tiyara mengatakan...

Bagus kak menambah wawasan, saya kalo pake laptop pake aja ga merhatiin user interfacenya yg nyaman atau engga. Keren kak

Febri Diyas Ramadhani mengatakan...

Keren artikelnya. Desain emang selalu jadi hal pertama yg dilihat orang. Tp kalo unsafe dan bad utility kan sayang.

Unknown mengatakan...

Mungkin tombol di tengah itu hiasa kali yah hahaha, tapi malah bikin ribet penggunanya malah jdi salah pencet

Unknown mengatakan...

The information that are very helpful, there are many again i wish 😃. nice babe ❤

Unknown mengatakan...

Handphone nya jadul tapi good design ya kalah sama handphone touchscreen

Anonim mengatakan...

Handphone nokia dengan tombol melingkar kelihatan rapi tapi kalau untuk penggunaannya bakal merepotkan ya

Unknown mengatakan...

good information .. bisa buat referensi ketika pembuatan inovasi dengan mementingkan sisi kenyamanan user juga :*

Posting Komentar