User Interface
User interface adalah cara program dan user
berkomunikasi. Istilah user interface atau interface kadang-kadang digunakan
sebagai penggati istilah HCI (Human Computer Interaction). HCI (Human Computer
Interface) adalah semua aspek dari interaksi pengguna dan computer, tidak hanya
hardware. Semuanya yang terlhat dilayar, membaca dalam dokumentasi dan
dimanipulasi dengan keyboard (atau mouse) merupaka bagian dari user interface.
User Interface berfungsi untuk menghubungkan
atau penterjemah informasi antara pengguna dengan system operasi, sehingga
computer dapat digunakan. Dengan demikian, user interface bisa juga diartikan
sebagai mekanisme inter-relasi atau integrasi total dari perangkat keras dan
lunak yang membentuk pengalaman bekomputer. Use interface dari sisi software
bias berbentuk Graphical User Interface (GUI) atau Command Line Interfae (CLI),
sedangkan dari sisi hardware bias berbentuk Aplle Desktop Bus (ADB), USB, dan
fire wire.
1.
Laptop – Bad Design
a.
User Interface
Laptop dengan warna hitam seperti ini memilik antar muka yang sederhana.
Design yang tidak berlebihan atau sederhana membuat pengguna merasa nyaman saat
menggunakan laptop. Tetapi jika diperhatikan ada yang sedikit mengganjal dari
laptop diatas yaitu adanya trackpoint yang posisinya berada di tengah-tengah
keyboard. Untuk apa fungsinya? Sedangkan dengan adanya trackpad saja sudah
memenuhi kebutuhan saat laptop sedang dioprasikan.
b.
Usability Goals
-
Effective to use
Adanya track point
ditengah-tengah keyboard seperti ini kurang efektif digunakan karena fungsi
trackpoint sama dengan fungsi trackpad.
-
Efficient to use
Design laptop yang memiliki
komponen ganda padahal fungsinya sama belum dapat dinilai memenuhi kriteria
efisien.
-
Safe to use
Peletakan trackpoint
ditengah-tengah keyboard juga dirasa kurang aman dikarenakan dapat menghalangi
pengguna saat mengetik.
-
Have good utility
Trackpoint dan trackpad memiliki
fungsi yang baik, hanya saja jika salah satu komponen dihilangkan akan dirasa
lebih baik, Karena fungsinya sama.
-
Easy to learn
Tata letak trackpoint
justru mudah untuk diingat, karena berbeda dengan laptop pada umumnya.
-
Easy to remember how to use
Membuat pengguna sedikit
terhalangi saat mengetik karena posisi trackpad berada di tengah-tengah
keyboard. Sehingga pengguna harus lebih berhati-hati saat mengetik.
c.
User Experience Goals
-
Satisfying
Design laptop
yang sederhana, membuat mata nyaman saat sedang mengoperasikan laptop, hanya
saja rasanya sedikit mengganjal karena ada trackpoint ditengah keyboard.
-
Run
Pengelolaan tata letak keyboard dirasa
kurang tepat.
-
Enjoyable
Design laptop seperti ini membuat
penggunanya kurang merasa senang saat sedang mengetik.
-
Entertaining
Pengguna kurang merasa terhibur dengan
adanya komponen yang berbeda tapi berfungsi sama.
-
Helpful
Trackpoint digunakan untuk membantu pengguna dalam melakukan
pengoperasian laptop, tetapi pada kenyataannya jarang digunakan karena
orang-orang lebih memilih menggunakan trackpad.
2.
Laptop – Good Design
a.
User Interface
Laptop dengan warna hitam silver ini memiliki kesan elegan. Design 2
warna tidak memberi kesan berlebihan. Bentuk laptop yang tipis juga memudahkan
pengguna dalam membawa laptop ke kampus, kantor, dll.
b.
Usability Goals
-
Effective to use
Design laptop yang
seperti ini dirasa sudah efektif digunakan karena tidak ada dua komponen yang
memiliki fungsi yang sama.
-
Efficient to use
Design laptop seperti
ini sudah dapat dinilai memenuhi kriteria efisien.
-
Safe to use
Keyboard dengan tidak
adanya trackpoint ditengah-tengahnya dirasa sudah aman karena tidak menghalangi
pengguna saat mengetik.
-
Have good utility
Laptop dapat dikatakan
handal karena komponen yang satu dengan yang lain satu sama lain dapat saling
membantu saat laptop dioperasikan.
-
Easy to learn
Tata letak komponen satu
dengan yang lain mudah untuk diingat, karena sama dengan laptop pada umumnya.
-
Easy to remember how to use
Membuat pengguna mudah
dalam menggunakannya.
c.
User Experience Goals
-
Satisfying
Design laptop
yang sederhana, membuat mata nyaman saat sedang mengoperasikan laptop.
-
Run
Pengelolaan tata letak komponen satu
dengan yang lain dirasa sudah tepat.
-
Enjoyable
Design laptop seperti ini membuat
penggunanya merasa senang saat sedang mengetik.
-
Entertaining
Pengguna merasa terhibur dengan tidak adanya komponen yang berbeda tapi berfungsi
sama.
-
Helpful
Trackpad digunakan untuk membantu pengguna
dalam melakukan pengoperasian laptop.
3.
Handphone - Bad Design
a.
User Interface
Handphone dengan
warna emas, biru, dan abu ini memiliki antar muka yang terbilang unik, Karena memiliki
keyboard melingkar membentuk sebuah lingkaran. Tetapi memiliki design yang unik
bukan berarti menjamin pengguna handphone mudah mampu melakukan aktivitasnya
dengan mudah, keyboard yang membentuk sebuah lingkaran justru menyulitkan
penggunanya ketika sedang menulis pesan.
b.
Usability Goals
-
Effective to use
Handphone dengan
keyboard seperti ini kurang efektif digunakan Karena sedikit menyulitkan
pengguna saat menulis pesan.
-
Efficient to use
Pelajaran untuk kita
semua bahwa ketika sedang mendesign bukan hanya sekedar membuat tampilan yang bagus,
tetapi juga harus memikirkan kenyamanan penggunanya ketika menggunakan
handphone dengan posisi keyboard yang seperti ini.
-
Safe to use
Keyboard pada handphone
ini belum bisa disebut aman, karena design keyboard sendiri berbeda dengan
keyboard pada umumnya jadi sedikit membuat jari-jari “kebingungan”.
-
Have good utility
Memiliki fungsi yang
baik sama seperti keyboard pada umunya sebagai hardware media penghantar dalam menulis pesan, hanya saja
tata letak keyboard perlu dipikirkan ulang.
-
Easy to learn
Tata letak keyboard kurang
mudah untuk diingat, mengingat bentuknya yang berbeda dengan keyboard pada
umumnya.
-
Easy to remember how to use
Sedikit merasa kesulitan
saat menggunakan posisi keyboard yang berbeda dengan keyboard pada umumnya,
sehingga harus beradaptasi ulang.
c.
User Experience Goals
-
Satisfying
Design handphone
yang unik, cukup memuaskan tapi kurang memikirkan kenyamanan pengguna.
-
Run
Pengelolaan tata letak keyboard dirasa
kurang tepat.
-
Enjoyable
Design keyboard seperti ini membuat
penggunanya kurang merasa senang saat menulis pesan.
-
Entertaining
Pengguna yang belum terbiasa kurang merasa
terhibur dengan tata letak keyboard yang seperti ini.
-
Helpful
Keyboard digunakan untuk membantu pengguna
dalam melakukan penulisan pesan, tetapi malah menyulitakn pengguna.
4. Handphone – Good Design
a.
User Interface
Hamdphone dengan warna hitam seperti ini memilik antar muka yang
sederhana. Design yang tidak berlebihan atau sederhana membuat pengguna merasa
nyaman saat menggunakan handphone. Keyboard yang digunakan pada handphone ini
juga memiliki tata letak yang seperti pada umumnya sehingga pengguna tidak
perlu beradaptasi ulang saat menggunakan handphone tersebut.
b.
Usability Goals
-
Effective to use
Handphone dengan
keyboard seperti ini kurang efektif digunakan karena tidak menyulitkan pengguna
saat menulis pesan.
-
Efficient to use
Design keyboard yang
sederhana dengan tata letak seperti pada umumnya sudah dapat dinilai memenuhi
kriteria efisien.
-
Safe to use
Keyboard pada handphone
ini bisa disebut aman, karena design keyboard sendiri serupa dengan keyboard
pada umumnya jadi tidak menyulitkan pengguna.
-
Have good utility
Memiliki fungsi yang
baik sama seperti keyboard pada umunya sebagai hardware media penghantar dalam menulis pesan.
-
Easy to learn
Tata letak keyboard mudah
untuk diingat, mengingat bentuknya yang sama dengan keyboard pada umumnya.
-
Easy to remember how to use
Mudah saat menggunakan karena
posisi keyboard yang sama dengan keyboard pada umumnya, sehingga tidak harus
beradaptasi ulang.
c.
User Experience Goals
-
Satisfying
Design handphone
yang sederhana, membuat mata nyaman saat sedang mengoperasikan handphone.
-
Run
Pengelolaan tata letak keyboard dirasa
sudah tepat.
-
Enjoyable
Design keyboard seperti ini membuat
penggunanya merasa senang saat menulis pesan.
-
Entertaining
Pengguna sudah merasa terhibur dengan tata
letak keyboard yang seperti ini.
-
Helpful
Keyboard digunakan untuk membantu pengguna dalam melakukan
penulisan pesan, dan tidak menyulitakn pengguna.
17 comments:
Lengkap ya postingannya. Iya kalau soal trackpoint saya juga gak ngerti itu fungsinya apa. Lalu untuk pemilihan laptop saya setuju dengan laptop yang good design, tidak berlebihan, elegan dan ringan untuk dibawa
Keren ��
Nice info , lanjutkan berbagi ilmunya 👍👍👍
Btw itu compare nya sama" se brand atau beda brand?,kalo per brand kan pasti pada pengen unggul dan terdepan balik lagi ke price klo good ui pasti good money juga xixi
Gambar illustration nya soalnya ada brand nya ga di censor hehe dan orng awam mah pasti first looknya dari brand nya dlu sih hehe tapi blm tentu menjamin overall bagus kan hehe
Cincay lah say,,
Keren artikelnya, sangat membantu kalo mau beli laptop 😁
Keren keren ternyata ngga semua yang terlihat bagus luarnya...bagus fungsinya juga... dont judge by a cover hehe thanks infonya...artikelnya membantu banget
artikel yg bagian mengulas user interface laptopnya menarik. soalnya, kadang kala, saya sebagai pengguna suka gak merhatiin penggunaan laptop sendiri yg sebenernya kurang nyaman digunakan. makasih yun artikelnya �� on point banget! ditunggu artikel bermanfaat lainnya ya...
Analisisnya bagus banget.. Tingkatkan kawan. Touchpad pada laptop di atas sangat tidak efektif
Bagus artikelnya membantu
keren artikel nya sangat membantu dan menambah wawasan
Bagus kak menambah wawasan, saya kalo pake laptop pake aja ga merhatiin user interfacenya yg nyaman atau engga. Keren kak
Keren artikelnya. Desain emang selalu jadi hal pertama yg dilihat orang. Tp kalo unsafe dan bad utility kan sayang.
Mungkin tombol di tengah itu hiasa kali yah hahaha, tapi malah bikin ribet penggunanya malah jdi salah pencet
The information that are very helpful, there are many again i wish 😃. nice babe ❤
Handphone nya jadul tapi good design ya kalah sama handphone touchscreen
Handphone nokia dengan tombol melingkar kelihatan rapi tapi kalau untuk penggunaannya bakal merepotkan ya
good information .. bisa buat referensi ketika pembuatan inovasi dengan mementingkan sisi kenyamanan user juga :*
Posting Komentar